Minggu, 12 Februari 2017

VIVA ONE - PT Visi Media Asia Tbk


Didirikan pada tahun 2004, PT Visi Media Asia Tbk. (“VIVA”) adalah perusahaan media kovergensi terintegrasi terdepan di Indonesia yang sahamnya sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak November 2011 (IDX:VIVA). Sejak itu, VIVA telah menempatkan dirinya sebagai inovator melalui strategi yang berfokus kepada micro-targeting, sinergi serta interaksi dengan pemirsa.
Kegiatan usaha Perusahaan meliputi stasiun televisi Free to Air (FTA) dengan stasiun berita dan olahraga serta saluran hiburan terkemuka, serta portal digital yang berkembang pesat, didukung oleh media sosial dan kegiatan off air untuk jangkauan komprehensif yang mencakup semua platform. Dengan inovasi yang berkelanjutan untuk menginspirasi.


Struktur Perusahaan 

Akibat melemahnya pertumbuhan ekonomi dan belanja iklan, pendapatan VIVA sedikit menurun dilaporkan sebesar Rp.2.108,7 triliun untuk tahun laporan. Hasil usaha juga terdampak oleh kenaikan pembiayaan dalam denominasi Dollar AS yang disebabkan oleh depresiasi Rupiah terhadap Dollar AS dalam kuartal ketiga, walaupun banyak di antaranya tidak terealisir. Akibatnya, VIVA menutup tahun hampir tanpa peningkatan, dengan rugi bersih sebesar Rp.511,8 miliar dibandingkan dengan laba bersih sebesar Rp.144,3 miliar pada tahun 2014.

Di sisi lain, VIVA mendapat manfaat dari peningkatan nilai sahamnya dalam PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA), perusahaan induk ANTV. Pada akhir tahun, harga saham MDIA telah meningkat pesat dari harga perdana Rp.1.380 menjadi Rp.3.325 per saham, yang mendongkrak nilai VIVA.

Dari ketiga unit bisnis utama, entitas anak ANTV menyumbangkan pendapatan terbesar, sedangkan stasiun berita tvOne memberikan kontribusi yang stabil serta berhasil menjaga tingkat marjin EBITDA, suatu pencapaian yang cukup mengesankan mengingat semua channel berita di Indonesia terkena dampak kurangnya berita. Portal berita, viva.co.id terus berkembang pesat. ANTV memberi kontribusi Rp.1.385,9 miliar, meningkat 1,5% dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan tvOne memberi kontribusi sebesar Rp. 807,1 miliar, turun 22,1% dibandingkan tahun sebelumnya, dan viva.co.id memberikan kontribusi Rp.35,1 miliar, turun sebesar 49,5% dari tahun sebelumnya.

Semua bidang usaha mampu mempertahankan kinerja operasionalnya, berkat strategi 360° VIVA. Dengan konsep ini, pemirsa dapat menikmati konten yang inovatif dan inspiratif melalui layanan Free to Air, mobile, serta online streaming. Lebih lanjut lagi, VIVA memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan masukan dari penonton setianya dan mempromosikan program-program on air serta off air, sekalian mendorong promosi dan kegiatan offline sehingga seluruh seluruh ekosistem media terjangkau. Strategi ini berhasil mempertahankan peringkat Tier 1 ANTV dan peringkat 1 stasiun berita tvOne sebagai TV berita #1, sedangkan portal digital viva.co.id mencatat pertumbuhan besar jumlah pengunjungnya berkat konten unggul termasuk integrasi platform video. Sejalan dengan perkembangan ini, kami juga terus memadukan kegiatan operasional antara tvOne, ANTV, dan viva.co.id, yang mencakup pendistribusian dan penggunaan konten yang tersinergi, dengan tujuan efisiensi biaya dan peningkatan layanan kepada pemirsa.

Inovasi VIVA Group untuk menerapkan strategi 360° pada tahun 2015 mencakup peningkatan konten program global di ANTV untuk memperkokoh posisinya sebagai pemimpin dalam hiburan global yang dinamis, sementara tvOne melanjutkan terobosannya menggabungkan berita dan olahraga dalam pemberitaannya. tvOne juga terus fokus pada topik-topik berita yang mengandung aspek kemanusiaan yang dramatis, dan dengan gaya yang lebih santai dalam penyampaian berita untuk berhubungan dengan pemirsanya. Kedua stasiun memenangkan beberapa penghargaan untuk konten acara mereka yang melibatkan pemirsa, sedangkan viva.co.id meraih posisi sebagai salah satu dari lima portal digital teratas di Indonesia. VIVA juga aktif berinteraksi dengan pemirsa melalui media sosial untuk hadir secara digital di semua panggung media sosial utama termasuk Twitter, Facebook, Instagram, dan Google+ sebagai bagian dari strategi konvergensi, termasuk tayangan live serta acara signifikan yang diluncurkan melalui online streaming. Selain itu VIVA mendapatkan masukkan langsung dari pemirsa melalui media online, dan informasi ini digunakan dalam mengambil keputusan operasional.



tvOne

tvOne, membidik target utama segmen pria dengan SES ABC 15 +. Sejak tahun 2008, tvOne telah menjadi stasiun TV berita nomor satu selama 8 tahun berturut-turut. Program-program tvOne sebagian besar terdiri dari berita, current affairs, talkshows, dokumenter, dan olahraga. tvOne mengudara selama 24 (dua puluh empat) jam setiap harinya dan terus menyajikan informasi yang cepat dan akurat. Kejadian penting yang terjadi dirangkum dalam “Breaking News” yang menjadi referensi utama bagi pemirsa di seluruh Tanah Air.


antv

ANTV membidik segmen perempuan dan anak-anak, dengan konten hiburan, gaya hidup, dan olahraga. Pada tahun 2013, ANTV mengubah strategi menjadi stasiun TV yang fokus pada konten hiburan untuk keluarga dan anak-anak. Konten gaya hidup dan hiburan yang ditayangkan oleh ANTV telah berhasil meningkatkan pangsa pemirsa dan secara konsisten memposisikan ANTV sebagai stasiun TV hiburan Tier 1.



VIVA.co.id


Di luncurkan pada tahun 2008, viva.co.id adalah portal digital terkemuka di Indonesia yang menduduki peringkat lima besar untuk portal digital selama tahun 2015, dengan perkiraan 20 juta pengunjung unik setiap bulannya. Berita didalam portal online VIVA disampaikan dengan analisa mendalam sebagaimana diterapkan di media cetak, namun didesain untuk bahan bacaan cepat. Portal tetap menawarkan berita terkini,dengan mencerminkan karakteristik media , didukung oleh para profesional dan wartawan yang sangat berpengalaman yang menjunjung tinggi prinsip kemandirian. viva.co.id telah berhasil menjadi portal berita terpopuler di Indonesia. viva.co.id memiliki tingkat penggunaan situs berita tertinggi dengan 3.38 page view per visit dan durasi lebih dari 13 menit per visit.(sumber: Effective Measure, Mei 2014).


UNIT USAHA

Penyiaran
PT Intermedia Capital Tbk
PT Cakrawala Andalas Televisi (antv)
PT Lativi Media Karya (tvOne)
PT VIVA Sport Indonesia (Sport One)
PT Bakrie Viva Sport (BV Sport)

TV Berbayar
PT Digital Media Asia (viva+)

Situs online
PT Viva Media Baru
VIVA.co.id
VIVAnews
VIVAbola
VIVAlife
VIVAlog
VIVAforum
VIVAsocio
VIVAll
PT Visi Perjalanan Inkubator (Gonla.com)

DEWAN DIREKSI
  • Anindya Novyan Bakrie - Direktur Utama
  • Robertus Bismarka Kurniawan - Wakil Presiden Direktur
  • Anindra Ardiansyah Bakrie - Direktur
  • Otis Hahyari - Direktur
  • M. Sahid Mahudie - Direktur
  • David Burke - Direktur
DEWAN KOMISARIS
  • Erick Thohir - Presiden Komisaris
  • Omar Luthfi Anwar - Komisaris
  • Rosan Perkasa Roeslani - Komisaris
  • Raden Mas Djoko Setiotomo - Komisaris Independen
  • Setyanto Prawira Santosa- Komisaris Independent
Struktur Organisasi

Ada pun strategi yang digunakan dalam perusahaan viva : 
1. Strategi Micro Targeting melalui strategi ini perseroan menyediakan konten berita, olahraga dan gaya hidup yang didesain secara khusus sesuai dengan target pemirsanya. 
2. Innovative Costumer Experience Menghadapi era digitalisasi penyiaran dan konvergensi media, Perseroan akan terus memperluas platform distribusi konten-konten yang dimilikinya agar dapat dinikmati lebih luas lagi oleh masyarakat Indonesia.
3. Strategi Low Cost Adalah strategi yang dirancang dan diterapkan untuk menghadapi kompetisi yang ketat, dengan terus fokus untuk menghasilkan kontenkonten berkualitas secara in-house
dan terus meningkatkan kompetensi internal. Dengan demikian perusahaan dapat menjadi lebih efisien dan fleksibel untuk menyesuaikan konten dengan tren pasar.





PT Visi Media Asia Tbk ( VIVA ) Melakukan investasi untuk masa depan industri media dan bangsa Indonesia melalui penyediaan konten berita, olahraga, dan seputar gaya hidup yang disebarluaskan melalui konvergensi media televisi, internet, dan mobile platforms.




(Sumber : id.vivagroup.co.id)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar